Sunday, February 22, 2009

Mengefisienkan Pencarian

Mencari informasi di internet bisa dibilang gampang-gampang susah. tapi kalau tahu triknya, maka mencari informasi di internet adalah sesuatu yang mengasyikkan. Namun jika tidak, tentu harus menelusuri satu per satu tumpukan informasi yang ada di internet. Bahkan, ketika menggunakan mesin pencari (search Engine) sekalipun. Tenang aja sobat, karena sedikit tips berikut ini dapat sobat gunakan untuk mengatasinya. setidaknya dapat menghemat banyak waktu dengan cara-cara dibawah ini:

1. Orang memanfaatkan search engine untuk memudahkan proes pencarian. jadi sobat semua juga mengikuti tips tersebut, karena search engine memang dimaksudkan sebagai pembantu kita dalam mencari informasi. untuk pencarian yang sangat spesifik sebaiknya gunakan tanda kutip ("). Misalkan anda mencari informasi tenteng CD tutorial. Coba ketikkan " CD tutorial

" dalam search engine, maka sobat akan mendapatkan deretan info yang mengandung frase CD tutorial. Bedanya, jika anda tidak menggunakan tanda kutip tersebut, maka info yang mengandung kata CD, dan tutorial pun akan dimasukkan bersamaan dengan info yang mengandung frase tadi. Kecuali jika sobat sengaja memasukkannya demikian untuk memperluas pencarian.

2. Gunakan opsi advanced searh yang ada pada search engine tersebut.
Umumnya sih, tiap search engine memiliki opsi ini. Pada google misalnya, dalam advanced search-nya sobat akan mendapati ragam opsi lain untuk membuat pencarian anda lebih spesifik dan lebih terarah.

3. Tidak semua link yang diberikan internet berguna bagi anda. untuk meneliti apakah sebuah link yang ada sesuai isinya dengan apa yang anda cari, biasanya search engine menyisipakn sedikit cukilan infonya. Sebelum membuka link, coba teliti nukilan infonya dulu.

4. Jika sobat sudah merasa pas, barulah klik kanan link tersebut, kemudian pilih open in New Window. Maka, sebuah window baru akan menggiring anda pada link tersebut. Sementara itu, jendela search engine juga masih dapat anda lihat dengan mudah.

5. Untuk memudahkan pencarian jenis info yang sama di masa yang akan datang, sobat bisa menyimpan link yang telah ditemukan dalam browser. Dalam internet Explorer, sobat bisa menyimpannya dalam menu favorites. Caranya, klik menu favorites kemudian pilih Add favorite. Beri nama sesuai yang keinginkan. Sobatpun bisa mengelompokkanya dalam folder tertentu dalam menu favorites.




Semoga Bermanfaat !!!!




























0 comments:

Post a Comment

 

:: Sang Pembelajar Sejati :: @2008